Arang obat ajaib

13003325461922746939
Mendengar arang sebagai obat mungkin banyak dari antara kita yang heran.  Pengalaman itu sering saya temui ketika saya meminta arang kepada tukang sate dan pedagang arang.  Mereka tidak percaya kalau arang bisa menjadi obat.

Awalnya juga saya tidak percaya, namun suatu kali seorang teman memberikan saya sebuah buku yang berjudul “arang obat ajaib”.  Setelah membuka dan membacanya, langsung saya praktekkan untuk berbagai jenis keluhan rasa sakit yang umum dialami masyarakat,  baik untuk diri sendiri maupun orang lain dan hasilnya sungguh luar biasa.

Arang sudah digunakan sebagai pengobatan pada abad 19 dan pertengahan abad 20-an.  Namun setelah itu penggunaan arang sebagai obat mulai jarang digunakan, berhubung ditemukannya berbagai jenis obat yang lebih modern.  Selama ini kita hanya mengenal arang untuk bakar sate dan memasak, ternyata diluar itu khasiat arang sangatlah besar.

Secara kimiawi arang aktif adalah residu dari distilasi destruktif dari berbagai bahan organik yang telah diproses untuk meningkatkan daya serap.  Sifat arang adalah kemampuannya menyerap.  Arang adalah penyerap efektif nonspesifik berbagai kimiawi dan obat-obatan dengan demikian menghalangi penyerapan bahan-bahan itu dari saluran pencernaan.  Arang aktif menyerap enzim-enzim, vitamin-vitamin, asam amino, san zat-zat gizi lainya dari saluran pencernaan.
Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan arang aktif berdasarkan pengalaman diantaranya, disentri, mencret, sakit perut, mulas, mual, perut kembung, radang tenggorokan, bisul, kulit terbakar, memar, digigit serangga, dll.

Sebagai contoh, pada waktu seorang kenalan saya menderita sakit demam dan muntaber yang berat, dan dia dirawat dirumah sakit.  Dalam sehari dia bisa berak-berak sampai 10 kali dan hal ini menyebabkan dia banyak kehilangan cairan.  Tidak lama setelah saya berikan bubuk arang aktif diminum 2 x 1 hari dengan dosis satu sendok- dua sendok makan, tidak lama kemudian diarenya berkurang dari 10 kali turun hingga 3 kali sehari dan akhirnya diarenya berhenti.

Ada beberapa alasan mengapa arang aktif sebagai obat.
  1. Sederhana penggunaanya

  2. Mudah didaptkan dan mudah dibuat

  3. Tidak berbahaya

  4. Harga murah meriah

  5. Sangat efektif khasiatnya
Nah..sekarang bagaimana membuat arang? Pertama kita bisa membeli diwarung-warung atau meminta ketukang sate.  Kedua, Kita bisa membuatnya sendiri dirumah.  Caranya, bakarlah kayu dalam sebuah lobang di tanah.  Sesudah menyala dengan baik, tutuplah lubang dengan daun-daunan atau selembar seng.  Kemudian timbun seng atau daun-daunan tadi dengan tanah, sehingga tertutup semua dan tidak ada udara yang masuk atau asap yang keluar.  Biarkah satu malam sampai semua kayu menjadi arang.  Setelah arang sudahn dingin baru dibuka, cara ini akan menghasilkan arang yang baik.  Arang yang baik adalah arang aktif yang dihasilkan dengan membakar bahan-bahan organik (kayu) tanpa adanya udara sampai partikel-partikel karbon terbentuk.  Inilah yang disebut arang aktif, sebab arang seperti ini mempunyai kemampuan menyerap dan mengikat lebih besar.

Supaya bisa digunakan menjadi obat, maka arang harus ditumbuk lalu digiling sampai menjadi bubuk halus, kemudian di ayak untuk memperoleh bubuk yang lebih halus lagi.  Semakin halus semakin baik, setelah itu simpan dalam botol atau tempat penyimpanan kering dan tutup rapat-rapat.  lalu bagaimana penggunaannya? akan dituliskan berikutnya.

Referensi: P. A. Siboro, Arang Obat Ajaib



Artikel Terkait:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

http://arangobat.blogspot.com

Posting Komentar

Artikel Sering di baca