Lebih baik terlambat.......................!

Pernah mendengar ungkapan, " Better late than never"? atau bahasa indonesianya " Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali," atau sebutan lain, " Lebih baik sakit dari pada mati," atau sebutan lainya," lebih baik mengemis dari pada mencuri." dll

Ungkapan "lebih baik" ini sadar atau tidak sering kita ucapkan.  Biasanya diucapkan ketika kita menghadapi suatu keadaan tertentu.  Contohnya, besok kita akan ada pertemuan jam 08.00 pagi, namun kenyataannya besoknya jam .08.00 pagi kita masih di rumah dan kita sadar bahwa kita sudah telat datang kepertemuan itu.  Keterlambatan ini membuat kita berpikir antara datang walau telat atau  ga usah dateng sama sekali..abis malu klo telat...he..he..he.masih tau malu juga rupanya.  Namun karena di benak kita sudah terpatri sebuah istilah lama yang sudah meresap "lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali" kita akhirnya dateng juga dengan membawa slogan "lebih baik" tadi, soalnya klo ga dateng..apa kata dunia..!he..he..he..

Terlambat itu sudah pasti ga baik brur..soalnya klo telat bisa menggangu acara atau rugi tidak mengikuti sejak awal...(bagi yang ngerasa penting..he..he..) lalu gimana klo kita yang jadi pembicara pertemuan itu atau salah satu partisipan acara itu?  wah..bisa gawat deh..! bisa-bisa hadirin kesel karena sudah menunggu..kan kasian yang sudah menunggu lama..klo ga sabar bisa bubar mereka..acaranya bisa bubar juga dong...ha..ha..!

Saya punya cerita ni..megenai sebuah acara rapat penting.  Acara rapat ini sudah dikemas dengan baik..makanan + minum + snak sudah tersedia, agenda rapat juga sudah siap di obrak-abrik.. eh malah pimpinan rapatnya datengya telat..siap dengan sloganya "lebih baik terlambat"  sudah telat datengya dengan pedenya masih mengucapkan salam "selamat sore" pula..eeh anggota rapat yang disalamin itu nyahut salamnya dengan nada suara setengah kesal.  Seorang nyletuk, "telat pa kita sudah mau pulang...." (wah..wah.. pipinya memerah..) 

Singkatnya nih..rapat ga jadi di gelar karena sebagian anggota rapat dah pulang karena ga sabaran nunggu pimpinan rapat yang datangnya telat..yang tinggal hanya makanan+minuman+snak+ agendanya yang ga jadi di obrak-abrik....Ga baik kan...!


Kemarin juga ada pengalaman telat ucapin selamat ulang tahun buat sang pacar..eehh..dia ngambek..marah..nangis..dan bilang, "telat tauuu...!he..he... walaupun begitu tetap ta sampaikan ucapan selamat yang sudah telat itu...yah telat..dia bilang.."dah basi tauuu..!he..he..(kaya nasi aja).. nah..lo..Ga lebih baik kan..he..h.e..smoga ga telat menikahinya...hmm


Jadi ungkapan "lebih baik" yang sudah terlanjur mengakar di pikiran kita wong indonesia, menurut saya harus di delete atau di hapus sebab ga " lebih baik" ternyata..mengapa begitu..?

1. Telat membuat acara bisa molor (boros waktu)

2. Telat bisa menggangu acara yang sedan berlangsung dan acara berikutnya.
3. Telat bisa menggangu suasana
4. Telat bisa meniumbulkan korban jiwa: telat menolong..telat mengobati..telat makan..telat minum..ntar bisa-bisa sakit dan mati...kecuali telat mati sih boten nopo-nopo kata orang jawa.
5. Telat bisa membuat ktia buru-buru..buru-buru makan, tidak di kunyah asal telan aja..buru-buru dijalan raya bagi yang gunakan kendaraan sendiri..bisa-bisa ngebut di jalan karena kejar waktu biar jangan telat, akibatnya bisa fatal lo.  Sperti pengalaman saya sewaktu mau menghadiri acara perpisahan.  Karean sudah telat trus ngebut aja dijalan..ehhh akhirnya benjut deh karena nabrak pengendara lain..untungya dia yang salah..klo ga bisa dituntut ane..he..he.  Bagi yang pake kendaraan umum..bisa-bisa ngumpat ama supirnya karena bawa mobilnya lambat..padahal karena jalanan yang macet.
6. Telat bisa menurunkan tingkat produktivitas kerja.
7. Telat bisa merusak nama baik..sebab ntar kita bisa nambah gelar "situkang lelet atau tukang terlambat"..kan ga enak itu.
8. Telat bisa dimarahin pimpinan..tapi gimana klo pimpinannya yang telat..?bawahanya paling ngumpat dalam hati doang...he..he..moga ga gitu ya..
9. Telat bisa susah dapat promosi jabatan dan kenaikan gaji
10. Telat berkat-berkatnya bisa hilang......dst...nambahin sendiri aja ya..yang jelas ga "lebih baik"


Lalu bagaimana caranya supaya ga telat? itu sih gampang sebenarnya..yang penting pelaksanaanya aja..
1. Buat jadwal harian, mingguan, bulanan atau tahunan juga boleh...
2. Periksalah tiap hari jadwal kerja, acara, kegiatan, dengan cermat biar ga ada yang kelewatan..
3. Bagi anda yang hobi lupa..tulalit..gunakan alarm hape anda untuk mengingatkan jadwal anda...
4. Tidurlah lebih awal dan bagun juga lebih awal dari biasanya.
5. Berangkatlah lebih awal dari biasanya untuk mengantisipasi macet atau hal-hal lain diluar kendali kita.
6. Doakan jadwal dan rencana yang sudah di buat
7. Laksanakan dengan semangat....


Nah..sekarang..ungkapan "lebih baik terlambat dari pada tidak  sama sekali" saat nya di ganti kali ya dengan istilah baru..he..he..klo anda setuju..klo ga setuju tidak mengapa juga kan ga ada yang di rugiin..he....he..bagaimana klo diganti dengan , "Lebih baik tepat waktu dari pada terlambat" atau " Terlambat tidak baik apalagi tidak datang"..he..he..yang mana-mana aja sing penting apik..yang jelas lebih baik terlambat tetap ga baik..apalagi lebih baik..ok brur segitu aja dulu ulasan ini..moga berguna..terlebih untuk saya..GBU
















Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Sering di baca