Cara ampuh mengatasi cegukan

Cegukan menurut Wikipedia adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.  

Setiap orang mungkin pernah mengalaminya dan hal itu sangat menggangu apalagi ketika anda bekerja dan bertemu dengan orang.  Berdasarkan pengalaman saya sendiri yang dulu sering mengalami cegukan, bahkan cegukan itu bisa satu harian sampai dua hari.  Penyebabnya bermacam-macam diantaranya: 
  • Makan terburu-buru dan tidak dikunyah (pengalaman sendiri)
  • Makan cabe rawit (pengalaman sendiri)
  • Minum air dingin sesaat setelah makan makanan pedas
  • Tertawa atau batuk terlalu keras
  • Minum terlalu banyak alkohol
  • dll boleh tambahkan sendiri.....
Sekarang tips mengatasinya sangat mudah sesuai dengan pengalaman yang saya lakukan atas saran seorang teman dekat yang seorang dokter, Yaitu tahan nafas lalu ambil segelas atau dua gelas air minum dan sebelum minum kedua lobang hidung ditekan sambil menengadah kepadal keatas..nah setelah itu minum deh air nya dan rasakan hasilnya cegukan anda akan berhenti seketika juga...ulangi beberapa kali kalau belum berhenti...tapi pengalaman saya membuktikan setiap cegukan saya lakukan cara diatas dan saat itu berhenti...selamat mencoba bagi yang sedang cegukan.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Sering di baca