Delapan Obat Alami 1

Tahukah anda bahwa untuk menjadi sehat prima dan awet muda tidak perlu mahal bukan! anda bisa tidak memerlukan dokter untuk mengobati anda, termasuk resep obat dari dokter.  Sebab anda hanya memerlukan dokter dan obat hanya bila anda sakit.  Jadi anda adalah dokter untuk diri sendiri.

Seseorang pernah mengatakan, "Sehat itu murah dan sakit itu mahal" bila direnungkan banyak juga kebenaranya, sebab bila kita sakit biayanya akan sangat mahal, kerugian bukan hanya material tapi juga waktu dan tenaga.  Mungkin pernah kita melihat orang sakit disekitar kita, mereka menghabiskan puluhan juta bahkan menjual seluruh hartanya untuk berobat, syukur-syukur sembuh tapi ironisnya setelah menghabiskan begitu banyak biaya akhirnya meninggal karena tidak bisa sembuh.

Bayangkan bagaimana rasanya terbaring ditempat tidur karena sakit? sangat menyakitkan, membosankan.  Tentau tidak ada diantara kita yang mau sakit.  Pepatah mengatakan, "Kesehatan bukanlah segala-galanya, tapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti" sebab apa gunanya punya banyak uang kalau harus sakit? percuma karena ridak bisa menikmatinya.

Oleh sebab itu sebelun anda sakit mari membudayakan pola hidup sehat.  Pepatah mengatakan "lebih baik mencegah dari pada mengobati"  jadi anda adalah dokter untuk anda sendiri dan makanan anda adalah obatnya.  

Disini saya perkenalkan 8 obat alami untuk kesehatan dan kebugaran anda.  Mungkin sebagian diantara anda sudah mengetahuinya.  Jangan membayangkan obat ini adalah pil atau sirup yang anda biasa beli di apotik, atau semacam suplemen yang biasa anda konsumsi.  8 obat alami ini terdiri dari 8 Akronim yaitu NEWSTART.  Berikut singkatanya:

N = Nutrisi (Gizi)
E  = Exercise (gerak badan)
w = Water (air)
S = Sunshine (sinar matahari)
T = Temperance (Pertarakan / pengendalian diri)
A = Air ( Udara)
R = Rest (istirahat)
T = Trust in God (Percaya kepada Tuhan)
 
Baiklah mari kita mulai bahas secara singkat satu persatu..



N = NUTRISI (GIZI)
Gizi adalah faktor penting untuk kesehatan tubuh kita. Dengan gizi yang cukup dan seimbang kita bisa memiliki kesehatan yang baik.  Anda pernah mendengar pepatah ini, "You are what you eat" artinya apa yang anda makan itulah anda.  Tubuh kita dibentuk dari apa yang kita makan.  Setiap organ dalam tubuh kita akan bekerja dengan baik tergantung dengan gizi yang kita yang terkandung dalam makanan kita.  Jadi tubuh kita dibangun dari apa yang kita makan setiap hari.


Paling sedikit untuk memenuhi unsur gizi yang cukup pada makanan kita terdiri dari protein, asam amino, karbohidrat, gula, tepung, serat, lemak, vitamin-vitamin dan mineral.  Unsur-unsur gizi dapat kita peroleh dari berbagai kombinasi makanan, namun tidak perlu terlalu banyak.


E = EXERCISE (GERAK BADAN)
Manusia diciptakan untuk bergerak, namun dewasa ini pekerjaan manusia lebih banyak menggunakan alat teknologi modern, sehingga mengurangi gerak badan dalam pekerjaan sehari-hari.  Merupakan hukum alam bahwa apapun yang tidak digunakan menjadi lemah dan rusak.  Manusia memiliki otot-otot yang dirancang dengan baik.  Otot-otot ini bila digerakkan dan digunakan dengan baik, akan semakin baik fungsinya.


Kegagalan untuk bergerak badan mengakibatkan kelemahan organ-organ tubuh dan sistem yang dibentuk oleh otot-otot tak sadar kita.  Gerak badan akan memperkuat jantung kita, pembuluh darah akan kuat dan lentur, pencernaan akan baik dan pembuangan juga lancar.


Manfaat gerak badan
Gerak badan yang teratur akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh yaitu:
  1. Mengatur tonus dan menguatkan setiap organ tubuh dan sistem tubuh.
  2. Membantu menenangkan ketegangan, membuat tidur lebih nyenyak.
  3. Menguatkan pengendalian diri, meningkatkan mutu kerja pikiran dan rasa segar.
  4. Menguragi rasa cemas dan tertekan.
  5. Menurunkan stress emosional
  6. Menurunkan lemak darah, mengurangi resiko penyakit jantung  dan stroke
  7. Mengurangi resistensi insulin, membantu mengendalikan kadar gula darah
  8. Membantu menghilangkan sembelit.
  9. Melindungi terhadap osteoporosis
  10. Meningkatkan daya tahan untuk bekerja dan bermain
  11. memperpanjang usia harapan hidup (memperlambat proses penuaan).
Hal penting sebelum Olahraga
  1. Lakukan pemanasan - Tekukkan sendi-sendi lengan, kaki, berulang kali, rentangkan punggung kebelakang
  2. Jangan berusaha mencapai kebugaran dalam sehari.  Awalilah dengan perlahan-lahan dan berangsur-angsur intensitasnya meningkat.
  3. Minum banyak air sebelum, ketika dan sesudah gerak badan.
ATURAN GERAK BADAN YANG BENAR  Ingat saja kata "F I T "
  • F = Frekuensi adalah menentukan berapa sering harus bergerak badan.  Riset menunjukkan gerak badan 3-5 kali seminggu sudah cukup.
  • I   = Intensitas adalah berhubungan dengan berapa kuat atau aktifnya kita bergerak.  Gerak badan ada yang ringan, sedang dan berat.
  • T  = Time (waktu) adalah menunjukkan berapa lama anda bergerak badan, sesuaikan dengan kebutuhan anda 30 menit setiap kali sudah cukup.
FIT adalah bergerak badan 3-5 kali setiap minggu dan gerak badan harus sedang sampai berat, berlangsung 20 - 30 menit setiap kalinya.
(KKS jld. 1)


W = WATER (AIR)
Air merupakan pemuas kerongkongan dikala dahaga.  Air memainkan peranan yang sangat vital dalam kehidupan manusia.  Tanpa makanan manusia masih bisa bertahan hidup 1-2 minggu, namun tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi dalam 2 hari dan akan mengalami kematian.  Faktanya, kurang minum air akan mempengaruhi seluruh sistem tubuh termasuk kulit kita.  Air adalah urutan ke 2 setelah oksigen untuk kehidupan kita.  Tubuh manusia terdiri dari 70 % air itu sebabnya betapa pentingnya air dalam hidup kita.  

Tiap sel tubuh membutuhkan air untuk melaksanakan fungsinya. Tidak ada pengganti dari jenis minuman lain yang memberikan pengaruh yang sama seperti segelas air yang dingin dan bersih.

Berapa gelas air yang kita perlukan setiap hari? rata-rata manusia membutuhkan air 8 gelas satu hari, namun ukuran itu bukan sebenarnya karena mungkin kita membutuhkan lebih banyak air tergantung aktivitas yang kita lakukan.  American Dietetic Assosiation mengatakan bukan 8 gelas sehari: tetapi sebutanya adalah eight eight-ounce serving artinya 8 gelas hanya sebagai patokan.  Ketika berolahraga kita harus menambahkan satu gelas lagi atau ketika berada di daerah yang panas kita bisa menambahkan 3 gelas lagi.  Jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda berdasarkan aktivitas yang anda lakukan.



Manfaat air 
  1. Mengendalikan suhu badan. Air memungkinkan tubuh mendinginkan dirinya sendiri melalui penguapan pada kulit- keringat, sehingga mencegah bahaya panas dalam.
  2. Sebagai pelumas. Air liur membasahi makanan yang kita makan, membantu kila mengunyah dan menelan. Jika permukaan mata anda tidak disirami dengan cairan, ia akan kering dan meradang.
  3. Mengurangi dehidrosi. Air menyirami sel darah secora terus menerus.
  4. Mengurangi stress pada sistim sirkulasi (peredaran) dengan menjaga darah dalam keadaan yang tetap seperti biasanya.
  5. Kotoran tubuh keluar melalui air kencing, keringat, dll.
  6. Air perlu untuk keseimbangan elektrolit di dalam darah kita.

Berikut ini resep dalam menggunakan air.
  • Minum 2 gelas sesaat setelah bangun pagi
  • Minum 2-3 gelas antara sarapan pagi dan makan siang
  • Minum 2-3 gelas antara makan siang dan makan malam
  • Minum 1-2 jam setelah makan dan 10-15 menit sebelum waktu makan
  • Hindari minum air, terutama yang dingin, sementara makan
  • Minuman hangat harus digunakan dengan hati-hati 
    (dianweb) 
Bersambung....Delapan obat alami 2



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Sering di baca