Mengenal sekilas kotak hitam pesawat

Bila terjadi sebuah kecelakaan pesawat, selain mencari korban jiwa ada satu lagi yang paling di cari oleh petugas, apakah itu? namanya kotak hitam.  Awalnya saya bigung mengapa benda ini selalu di cari? apa pentingnya benda yang satu ini di temukan!

Saya juga baru tahu kalau ternyata kotak hitam itu bukan berwarna hitam.  Kotak hitam berwarna jingga cerah, supaya bila terjadi kecelakaan mudah ditemukan.  Setiap pesawat selalu dilengkapi kotak hitam.  Kotak hitam ini berguna sebagai perekam suara kokpit dan pencatat data-data penerbangan.  Alat ini berguna untuk membantu penyidikan dan mengetahui berbagai hal yang terjadi sebelum kecelakaan.

Kotak hitam dilengkapi dengan alat yang membuat lokasinya dapat diketahui.  Kotak hitam juga dilengkapi dengan Underwater Locator Beacon (ULB).  Alat ini akan aktif setelah terkena air dan dapat memancarkan sinyal walau berada pada kedalaman 4.200 m di bawah laut.

Kotak hitam ini tahan dalam segala situasi dan kondisi.  Kotak hitam ini sudah melalui uji coba di suhu yang panas dengan api dengan suhu 110 derajat celcius selama 7 jam dan panas 260 derajat celcius selama 10 jam.  Kotak hitam juga tahan dalam cuaca yang sangat dingin, yaitu pada suhu minus 55 derajat sampai minus 70 derajat.

Jadi fungsi utama kotak hitam adalah merekam pembicaraan antar pilot dengan ATC (Air Traffic Control) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Referensi:
Nationalgeographicindonesia, Wikipedia



Artikel Terkait:

2 komentar:

assyafieq mengatakan...

jadi kotak hitam itu ibaratnya alat perekam kejadian ditiap pesawat....

Deddy mengatakan...

Betul sekali...

Posting Komentar

Artikel Sering di baca